Pengertian Pasar ada tiga. Pada
dasarnya pasar dapat diartikan sebagai tempat pertemuan antara penjual dan
pembeli. Pendapat lain mengatakan bahwa pasar merupakan kelompok orang yang
diorganisasikan untuk melakukan tawar-menawar sehingga terbentuk harga.
Pengertian pasar lainnya adalah kumpulan orang yang mempunyai keinginan untuk
puas, uang untuk belanja dan kemauan untuk membelanjakannya. Jadi ada tiga
faktor utama yang menunjang terjadinya pasar, yaitu orang dengan segala
keinginan, daya beli serta tingkah laku dalam pembeliannya.
Para Ahli memberikan bermacam-macam
definisi tentang pemasaran. Stanton mengatakan bahwa pemasaran meliputi
keseluruhan sistem yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan usaha,yang bertujuan
merancang,menentukan harga, hingga mempromosikan dan mendistribusikan
barang-barang atau jasa. Jangkauan pemasaran sangat luas, berbagai tahapan
kegiatan harus dilalui oleh barang dan jasa sebelum sampai ke tangan konsumen.
Ada empat kebijakan pemasaran yang dapat
dikendalikan perusahaan yang lazim disebut bauran pemasaran atau 4P. 4P dalam
pemasaran terdiri dari 4 komponen, yaitu produk,harga,distribusi dan promosi.
Pada dasarnya manajemen pemasaran
adalah manajemen permintaan. Banyak sekali pengertian manajemen
pemasaran,tergantung pada gagasan penulisnya. Menurut Kotler dan Amstrong,
manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan
pengendalian program yang didesain untuk menciptakan ,membangun dan
mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran, untuk
mencapai sasaran perusahan. Dari definisi tadi, kata ‘pertukaran yang
menguntungkan’ mengandung arti bahwa perusahaan perlu mengatur tingkat
permintaan agar memberikan keuntungan yang optimal. Secara sederhana dapat
dikatakan bahwa permintaan yang terlalu rendah atau terlalu tinggi tidak
memberikan keuntungan yang optimal bagi perusahaan.
Daftar Pustaka
Husein Umar(2000).Business an Introduction. From https://books.google.co.id/books?id=rGm-IHwZG0sC&pg=PA129&dq=Pasar+dan+manajemen+pemasaran&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwijzbqewY7KAhUBHo4KHXzKBHsQ6AEIQzAJ#v=onepage&q=Pasar%20dan%20manajemen%20pemasaran&f=false , 6 Januari 2016
Bilson Simamora (2003). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran
Efektif dan Profitabel. From https://books.google.co.id/books?id=C75GWtZTd2wC&pg=PA10&dq=Pengertian+Manajemen+pemasaran&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwjNvJ2Iy5zKAhWICI4KHfsCDvIQ6AEIGjAA#v=onepage&q=Pengertian%20Manajemen%20pemasaran&f=false , 6 Januari 2016
Tidak ada komentar:
Posting Komentar