Minggu, 10 Januari 2016

Pasar Dan Manajemen Pemasaran (Tugas 4)

Pengertian Pasar ada tiga. Pada dasarnya pasar dapat diartikan sebagai tempat pertemuan antara penjual dan pembeli. Pendapat lain mengatakan bahwa pasar merupakan kelompok orang yang diorganisasikan untuk melakukan tawar-menawar sehingga terbentuk harga. Pengertian pasar lainnya adalah kumpulan orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja dan kemauan untuk membelanjakannya. Jadi ada tiga faktor utama yang menunjang terjadinya pasar, yaitu orang dengan segala keinginan, daya beli serta tingkah laku dalam pembeliannya.
Para Ahli memberikan bermacam-macam definisi tentang pemasaran. Stanton mengatakan bahwa pemasaran meliputi keseluruhan sistem yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan usaha,yang bertujuan merancang,menentukan harga, hingga mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang atau jasa. Jangkauan pemasaran sangat luas, berbagai tahapan kegiatan harus dilalui oleh barang dan jasa sebelum sampai ke tangan konsumen. Ada empat kebijakan  pemasaran yang dapat dikendalikan perusahaan yang lazim disebut bauran pemasaran atau 4P. 4P dalam pemasaran terdiri dari 4 komponen, yaitu produk,harga,distribusi dan promosi.
Pada dasarnya manajemen pemasaran adalah manajemen permintaan. Banyak sekali pengertian manajemen pemasaran,tergantung pada gagasan penulisnya. Menurut Kotler dan Amstrong, manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program yang didesain untuk menciptakan ,membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran, untuk mencapai sasaran perusahan. Dari definisi tadi, kata ‘pertukaran yang menguntungkan’ mengandung arti bahwa perusahaan perlu mengatur tingkat permintaan agar memberikan keuntungan yang optimal. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa permintaan yang terlalu rendah atau terlalu tinggi tidak memberikan keuntungan yang optimal bagi perusahaan.


Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar